Share Training ini ke rekan Anda :

Banner Mahaka Institute

Latar Belakang Training Robotic Process Automation Awareness for Digital Transformation di Banking Financial Services Industry (BFSI)

Dewasa ini dunia usaha, mulai dari perusahaan telekomunikasi, transportasi dan ritel, diramaikan dengan misi yang sama, yaitu mengusung inovasi pengembangan teknologi dan digital seiring dengan cara komunikasi, konsumsi dan transportasi yang berubah.

Demikian juga dengan dunia keuangan dan perbankan yang tidak luput dari disrupsi dan transformasi digital, hanya masalah siapa yang lebih dulu mengimplementasi dan sejauh mana mereka bertransformasi. Perubahan ini diharapkan mampu mengubah paradigma klasik bahwa perbankan adalah industri yang kaku karena terbentur sistem serta regulasi yang ketat.

Era digital semakin melekat dalam merubah gaya kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya industri keuangan seperti perbankan, asuransi dan perusahaan pembiayaan (multifinance). Perubahan ini harus mampu direspons secara cepat, hal ini guna mempersiapkan lembaga jasa keuangan dalam menghadapi inovasi digital banking. Saat ini sektor perbankan sedang mengalami  tranformasi menuju era digitalisasi. Transformasi industry perbankan merupakan jawaban terhadap Fenomena perkembangan financial technology (fintech) dan revolusi teknologi digital (4th revolution industry-digital industry).

Perubahan cara bisnis perbankan menjadi digital juga didorong oleh munculnya perusahaan rintisan teknologi finansial (tekfin). Fintech  belakangan ini membuat kemudahan bagi pengembangan pasar, terutama yang masih belum terlayani jasa keuangan dan perbankan konvensional (unbanked population dan finansial inclusion) serta dapat menyediakan kemudahan fasilitas dan layanan transaksi keuangan dimanapun dan kapanpun.

Pertumbuhan tekfin, menggugah industri perbankan untuk gesit bertransformasi. Transformasi tidak bisa sekedar mengklaim diri sebagai bank digital (digital lipstick), namun termasuk perubahan dari dalam seperti mengubah pola pikir, perilaku dan mendefinisikan kembali peran setiap karyawan.

Perkembangan industri fintech masih akan dipengaruhi oleh pemain global sedangkan implementasinya akan dilakukan oleh pemain lokal. Meskipun pemain lokal telah mulai mengembangkan produk mereka sendiri dengan harga dan kualitas yang kompetitif dengan pemain global, pembeli teknologi masih akan memilih produk yang dikembangkan oleh pemain global karena pengalaman mereka.

IDC (International Data Corporation-Lembaga Penelitian dan Konsultan TI Terkenal  di Dunia) menyarankan agar industri FSI lokal fokus pada pengembangan :

  • Sistem pembayaran seperti e-wallet (berbasis server e-money maupun chip) termasuk merchant dan penetrasi konsumen (GoPay, OVO, LinkAja, dsb).
  • Mobilitas dan omnichannel seperti mobile banking.
  • Big Data & Analytics (Customer Behavior dan Customer Preference)
  • Chatbot (Chat banking) (MITA Bank Mandiri , VIRA Bank BCA, CINTA Bank BNI, SABRINA Bank BRI)
  • RPA (Robotic Process Automation)

Robotic Process Automation (RPA)

What is Robotic Process Automation (RPA)

Leverage RPA

Key Drivers & Benefit of using RPA

Peningkatan Inovasi Perbankan untuk transformasi digital (DX) dianggap menjadi cara baru berbisnis terutama berkat potensinya untuk menghemat biaya. Bank sebaiknya melihat bahwa hal tersebut bukan sekedar mendigitalisasi produk yang sudah ada, tapi merubah pola pikir dan solusi menjadi digital sesuai perilaku dan kebutuhan masyarakat. Misalnya; memahami pain point masyarakat – seperti mencicil kredit rumah, merencanakan pendidikan anak, investasi pensiun dan hari tua – kemudian menganalisa hambatan, dan membangun solusinya.

Menurut IDC :

“Hanya ada 8% perusahaan lokal yang telah melakukan perjalanan DX dan mendapatkan keuntungan penuh dari DX. Usaha di Indonesia masih dalam tahap mengeksplorasi potensi teknologi dan model bisnis. Pemimpin bisnis harus mengerti bahwa untuk memimpin ekonomi DX, perusahaan harus menjadi penduduk asli secara digital. Perusahaan harus memanfaatkan inovasi dan teknologi yang sedang trend (RPA-Robotic Process Automation) dan berkembang serta dengan cepat mengintegrasikannya ke dalam strategi organisasi mereka saat mereka berkembang.”

Topik atau judul training ini sengaja diambil mengingat perkembangan inovasi dan teknologi digital yang semakin pesat terutama RPA-Robotic Process Automation, yang diikuti juga dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin dapat mengadopsi teknologi baru. hal ini menyebabkan perubahan atau transformasi tidak akan dapat dihindari oleh dunia Perbankan Indonesia.

Berdasarkan informasi dari OJK akhir tahun 2018, dari 80 bank yang ada baru ada dua bank yang sudah benar-benar menerapkan layanan digital banking ini di Indonesia. Kedua bank tersebut adalah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) melalui aplikasi digital Jenius dan PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) melalui aplikasi Digibank.

Bank pun kini merancang seri pelatihan untuk mempersiapkan karyawan bekerja dengan gesit (agility) yang mencakup topik seputar inovasi dan tren teknologi RPA, media sosial, API, pemasaran digital, serta keamanan teknologi informasi. Semuanya dikemas dalam aplikasi digital yang dapat diakses dimana saja.

Tujuan Pelatihan Robotic Process Automation Awareness for Digital Transformation di Banking Financial Services Industry (BFSI)

  • Sadar dan Memahami pentingnya inovasi dan transformasi digital melalui Robotic Process Automation untuk bersaing dan sukses di era digital banking services dengan fintech/teknologi finansial.
  • Mampu menjadi champion/change agent dalam transformasi digital bank services di institusinya.
  • Mempersiapkan Lembaga/institusi jasa keuangan dan perbankan mengantisipasi persaingan jasa keuangan di era digital banking dengan fintech/teknologi finansial

Materi Robotic Process Automation Awareness for Digital Transformation di Banking Financial Services Industry (BFSI) Training Program

Training ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, prinsip dan filosofi,  strategi, leadership, roadmap dan transformasi serta metodologi digital banking dan fintech, diberikan contoh dan tipe digital banking dan fintech serta mendiskusikan kasus terkini dari digital banking dan fintech tersebut.

Agenda :

  1. Sesi 1 s.d 2: Introduction dan Overview RPA -Robotic Process Automation.
  2. Sesi 3 s.d 4: Tren, Peluang dan tantangan penerapan RPA di BFSI (Banking Finansial Services Industry) Indonesia.
  3. Sesi 5 s.d 6: Strategi, leadership dan roadmap Penerapan RPA di Banking Industry.
  4. Sesi 7 & 8 : Overview Tools dan Business Case RPA.

Fasilitas Online Training (Webinar)

Soft Copy Modul Materi, E-Certificate dari Mahaka Institute, Soft Copy Dokumentasi Training.

Fasilitas Offline Training

Modul Materi, Certificate, Training Kit & Souvenir, Meeting Room (Lunch & 2x Coffee Break).

Jadwal & Investasi Training

Silahkan hubungi kami

Pendaftaran Training & Informasi Lebih Lanjut

Nadya Tasya
Call & WhatsApp : 0812 9463 2551 (click to chat)
Email : tasya@mahakainstitute.com / mahakainstitute30@gmail.com

Ratna Samiah
Call & WhatsApp : 0812 1826 259 (click to chat)
Email : ratna@mahakainstitute.com / samiahratna@gmail.com

Apa Kata Mereka

“Narasumber menyampaikan materi dengan cara yang baik sehingga mudah dipahami”

Veni Lilla Ariyana, Kaltim Industrial Estate

“Banyak mendapatkan masukan wawasan dari hasil sharing dari pembicara”

Bambang Purwantoro, PT. BPR Utomo Manunggal Sejahtera Lampung

“Co Host nya Ramah2”

Aep Saepudin, PT. Mizuho Balimor Finance

“Penjelasan yang detail sesuai dengan pengalaman pernah ikut serta menangani fraud.”

Johannes Joseph Triwahono, Bank Mayora

“Training ini sangat baik sekali dan dapat diimplementasikan bagi para pekerja PT Badak”

Dadang Suherman, PT. Badak NLG

“Sangat bermanfaat dan berjalan dengan sangat baik”

Damar Kwartama, Bank Resona Perdania

“Materi yangdisampaikan sangat mudah dimengerti dan pada hari kedua ada interaksi meskipun lewat online”

Ageng Wibowo, Graha Layar Prima

“Memuaskan”

Agus Budiman Sikumbang, Kaltim Industrial Estate

“Tepat waktu dan efisien dalam penggunaan waktunya. Sukses untuk Mahaka Institute”

Robert Timbo Godang Tua Pangaribuan, PT. Taisho

“Membantu dalam pekerjaan yang dilakukan”

Bhogi Kinekes, Bank Resona Perdania

“Mendukung penerapan dalam dunia kerja, dan menambah prinsip kehati”an dalam pengambilan keputusan.”

Rizki Maulana, PT. Mizuho Balimor Finance

“Topik yg menarik dan bermanfaat, tertarik utk mempelajari yg lebih detail”

Andre Anthonio Nurhamzah, PT. Bank Maybank Indonesia

“Host yang ramah, dan Pemateri yang Berkompeten di bidangnya”

Meirizal, BPD Aceh

“overall lancar dan tepat waktu”

Renata Maharani, PT Petroflexx Prima Daya

“Terimakasih, bahasa dan pesan nya aku dapat terima dengan baik. semoga makin sukses”

Teti Seli Utami, PT. Bank DKI

“Persiapan fasilitas yg menunjang dan Fast response”

Asep Aris Lukman, PT. Mizuho Balimor Finance

“Pemateri dan Host yang ramah dan supel”

Surya Alfadhil, BPD Aceh

“Menambah wawasan….Muantaps… semangat, Sukses buat Mahaka”

Yuniarto, Kalbe

“keep up the good work pak 🙂 semoga bertemu lagi”

Rayvina, PT. Bank ICBC Indonesia

“Materi dapat dimengerti dengan baik”

Rizki Imirza, BPD Aceh

Our Client

Dapatkan Informasi & Penawaran Terbaik dengan Menghubungi Kami

HUBUNGI KAMI