Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah pengaduan yang diterima terkait produk dan layanan di industri jasa keuangan dan perbankan sebanyak 3.855 laporan. Dari jumlah tersebut, perbankan paling sering diadukan nasabah. Dari data sepanjang berdirinya OJK hingga 21 Oktober 2016, Perbankan mendapat 2.050 (53% dari total pengaduan) pengaduan ke OJK, diikuti perasuransian sebanyak 988 (26%) pengaduan, dan lembaga pembiayaan sebanyak 492 (13%) pengaduan. Sisanya pengaduan di industri jasa keuangan lainnya, seperti pasar modal, dana pensiun, lembaga jasa keuangan lainnya, pun nonlembaga keuangan.

Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa perbankan masih memegang pangsa pasar terbesar di industri keuangan. Pengaduan untuk industri mayoritas terkait dengan perkreditan dan suku bunga. Sementara industri asuransi terbanyak menyangkut penolakan klaim Secara keseluruhan OJK telah memeroleh 71.068 laporan, di luar pengaduan tersebut, yakni yang terkait pertanyaan sebanyak 48.828 laporan dan informasi sebanyak 18.385 laporan. Layanan konsumen merupakan wujud dari implementasi pilar perlindungan konsumen yang dikedepankan OJK.

Menilik data tersebut, industri keuangan dan perbankan memagang peranan penting bahwa menjaga kepuasan nasabah adalah hal yang utama. Karenanya, untuk mengatasi komplain atau keluhan dari nasabah merupakan hal penting, dan bagaimana agar selalu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Komplain merupakan suatu wujud rasa ketidakpuasan nasabah, dan ini sangat berpengaruh besar pada kemajuan sebuah perusahaan. Komplain yang terselesaikan dengan baik dan profesional akan berdampak positif bagi perusahaan tersebut,karena dengan begitu nasabah merasa sangat dihargai.

Hal itu merupakan hak bagi nasabah untuk menyampaikan rasa ketidakpuasannya. Namun, alangkah baiknya jika lembaga keuangan dan perbankan bisa mencegah komplain itu terjadi dengan memperhatikan hal-hal yang mendetal ,dan mengetahui apa yang di butuhkan oleh pelanggan sebelum mereka sendiri yang meminta.
Lantas, bagaimana caranya? Pendekatan apa saja yang mesti dilakukan untuk memecahkan masalah komplain nasabah? Kapan waktu yang tepat untuk memuaskan nasabah atas komplain yang mereka lakukan?

 

MATERI
1. Mengapa terjadi keluhan Pelanggan
2. Sisi Positif & Negatif dari Komplain Pelanggan
3. Tips Menangani dan Mengurangi Keluhan Pelanggan
4. Peraturan OJK NOMOR 18/POJK.07/2018
5. Tanya Jawab

 

JADWAL DAN INVESTASI
Hari/Tanggal : Selasa, 30 Maret 2021 | RUNNING
Waktu : 09.00-16.00 WIB
Tempat : Online Zoom
Investasi Normal : Rp. 1.500.000,- Per Peserta

PENDAFTARAN DAN INFORMASI LEBIH LANJUT
Ratna Samiah
Hp : 0812-182 6259
Email : ratna@mahakainstitute.com; samiahratna@gmail.com
Nadya Tasya
Hp : 0812-9463 2551
Email : tasya@mahakainstitute.com; info@mahakainstitute.com